2. Pelaksanaan Tugas Manajerial
| # | Unsur Tugas Utama | Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik | Aksi | |
|---|---|---|---|---|---|---|
| 2. | 2.1. Menyusun perencanaan Madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan | 2.1.1. Mampu mengembangkan RKJM, RKT/RKAM dengan program lainnya berdasarkan data hasil evaluasi dalam pemenuhan SNP | Dokumen RKJM, RKT/RKAM yang meliputi SNP | Melalui studi dokumen: - Dokumen Evaluasi Diri Madrasah (EDM) - Dokumen RKJM dan RKT berbasis EDM | BUKTI FISIK | |
| 2.1.2. Mampu merumuskan visi misi sebagai arah pengembangan program RKJM, RKT/RKAM dan program lainnya | Visi-misi madrasah merupakan rumusan hasil keputusan bersama | Melalui studi dokumen: - Visi-misi yang telah ditetapkan oleh kamad - Berita acara dan daftar hadir kegiatan | BUKTI FISIK | |||
| 2.1.3. Mampu menentukan strategi pencapaian tujuan madrasah dilengkapi dengan indicator pencapaian yang terukur | Dokumen program yang memuat strategi pencapaian tujuan madrasah | Melalui studi dokumen: - Program kerja - RKJM dan RKTM | BUKTI FISIK | |||
| 2.1.4. Mampu menyusun program dengan rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program | Dokumen rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program | Melalui studi dokumen: - RKJM dan RKTM | BUKTI FISIK | |||
| 2.2. Memimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah secara optimal | 2.2.1. Mampu memberikan contoh disiplin, hadir tepat waktu, disiplin menggunakan waktu, dan tepat waktu mengakhiri pekerjaan. | Dokumen daftar hadir semua kegiatan madrasah | Observasi, wawancara dan studi dokumen: - Daftar hadir elektronik kamad - Daftar hadir kegiatan di madrasah | BUKTI FISIK | ||
| 2.2.2. Mampu melaksanakan peraturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku | Menjadi contoh dan mengarahkan guru, staf administrasi dan peserta didik melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan | Wawancara dengan warga madrasah : - Laporan kehadiran - Notulen rapat / briefing pengarahan kegiatan | BUKTI FISIK | |||
| 2.2.3. Mampu menunjukkan keteladanan dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien. | Memecahkan masalah madrasah secara bersama-sama, merencanakan pemanfaatan sumber belajar dan sumber informasi, memantau penggunaan sumber daya dan menilai pemanfaatan sumber belajar | Wawancara dengan warga madrasah : - Dokumen monitoring dan evaluasi pemanfaatan sumber belajar - Notulensi rapat/diskusi pemanfaatan sumber belajar | BUKTI FISIK | |||
| 2.2.4. Mampu menunjukkan kedisiplinan sebagai insan pembelajar | Rajin membaca dan pendengar yang baik, mengekspresikan pikiran secara tertulis, mengkomunikasikan ilmu pengetahuan baru, dan menyediakan berbagai media untuk mengembangkan gagasan warga madrasah | Wawancara, observasi: - Koleksi buku referensi/ilmu pengetahuan - Karya tulis yang diterbitkan atau tidak - Majalah/Koran madrasah - Website madrasah - Blog pribadi | BUKTI FISIK | |||
| 2.3. Menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik | 2.3.1. Mampu menjadi contoh dan berbudaya mutu yang kompetetif dalam mendorong peningkatan prestasi akademik dan non akademik peserta didik | Dokumen peningkatan KKM, target hasil ulangan, hasil UN dan target keunggulan non akademik peserta didik yang terprogram, terlaksana, dan meningkat hasilnya |
| BUKTI FISIK | ||
| 2.3.2. Mampu melengkapi sarana dan prasarana untuk menciptakan suasana belajar kondusif dan inovatif bagi peserta didik | Suasana lingkungan madrasah yang asri, bersih, rindang, aman dan menyenangkan peserta didik | Observasi, lingkungan madrasah: - Suasana lingkungan madrasah yang asri, bersih, rindang, aman dan menyenangkan peserta didik | BUKTI FISIK | |||
| 2.3.3. Mampu memfasilitasi kegiatan- kegiatan untuk meningkatkan budaya baca dan budaya tulis peserta didik | Data kunjungan perpustakaan, peminjaman buku oleh peserta didik, pembaharuan buku dan bahan bacaan, ketersediaan sumber belajar berbasis TIK, dan sarana publikasi karya tulis, dan mengembangkan kompetisi karya tulis peserta didik tingkat madrasah. | Observasi, wawancara dan studi dokumen: - Rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan literasi - Dokumen kegiatan pengembangan budaya baca - Dokumen/ pajangan hasil karya tulis siswa - Data kunjungan dan peminjaman buku perpustakaan | BUKTI FISIK | |||
| 2.3.4. Mampu memfasilitasi kegiatan- kegiatan lomba dibidang akademik dan non akademik bagi peserta didik | Dokumen penyelenggaraan kegiatan kompetisi dimulai dari tingkat madrasah, perolehan piagam penghargaan, piala, trofi perlombaan bidang akademik dan non akademik | Observasi, wawancara dan studi dokumen: - Dokumen penyelenggaraan kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat madrasah - Daftar perolehan piagam, penghargaan, piala. - Trofi perlombaan disemua jenjang | BUKTI FISIK | |||
| 2.4. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal. | 2.4.1. Mampu menyusun perencanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan | Dokumen program pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan di madrasah | Studi dokumen dan wawancara: - Program kerja kepala madrasah - Laporan kegiatan workshop/pelatihan kompetensi guru - Dokumentasi (foto/video) kegiatan workshop/pelatihan guru | BUKTI FISIK | ||
| 2.4.2. Mampu melakukan pembinaan berkala untuk meningkatkan mutu SDM madrasah | Dokumen pelaksanaan kegiatan pembinaan guru | Studi dokumen dan wawancara: - Buku/catatan pembinaan guru dan tendik (notulen dan daftar hadir rapat pembinaan) - Laporan kinerja kepala madrasah | BUKTI FISIK | |||
| 2.4.3. Memfasilitasi guru dan staf administrasi untuk meningkatkan kegiatan pembinaan kompetensi | Data dukungan kepala Madrasah dalam memfasilitasi staf administrasi untuk meningkatkan mutu profesi | Studi dokumen dan wawancara: - Buku/catatan pembinaan guru dan tendik (notulen dan daftar hadir rapat pembinaan) - Laporan kinerja kepala madrasah | BUKTI FISIK | |||
| 2.4.4. Memantau dan menilai penerapan hasil pelatihan dalam pekerjaan di madrasah | Dokumen program evaluasi pelatihan atau pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan | Observasi dan studi dokumen: - Program pelatihan pengembangan profesi guru dan tendik - Laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan profesi guru dan tendik | BUKTI FISIK | |||
| 2.5. Mengelola sarana dan prasarana madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal | 2.5.1. Mampu mengelola fasilitas prasarana perabot dan sarana madrasah (gedung, bangunan, dan lahan meja, kursi, lemari, peralatan kantor dan alat kebersihan) | Data fasilitas prasarana perabot dan sarana madrasah dikelola dengan baik | Observasi dan studi dokumen: - Buku inventaris - Buku pemeliharaan sarana dan prasarana | BUKTI FISIK | ||
| 2.5.2. Mampu mengelola perpustakaan madrasah | Data fasilitas perpustakaan dikelola dengan baik | Observasi fisik dan studi dokumen: - Buku induk perpustakaan - Buku/data/grafik layanan perpustakaan | BUKTI FISIK | |||
| 2.5.3. Mampu mengelola laboratorium madrasah | Data fasilitas laboratorium dikelola dengan baik | Observasi fisik dan studi dokumen: - Daftar inventaris laboratorium - Buku/jurnal/grafik layanan laboratorium | BUKTI FISIK | |||
| 2.5.4. Mampu mengelola fasilitas penunjang madrasah lainnya (bengkel, toko, koperasi, kebun dsb) | Data fasilitas penunjang terkelola dengan baik | Observasi fisik, wawancara dan studi dokumen: - Data fasilitas penunjang wirausaha yang dikelola oleh madrasah | BUKTI FISIK | |||
| 2.6. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik | 2.6.1. Menyusun perencanaan penerimaan, pengelolaan dan pengembangan kompetensi peserta didik | Dokumen program penerimaan peserta didik baru, kriteria penerimaan peserta didik, data hasil analisis bekal ajar peserta didik awal | Studi Dokumen : - Dokumen program penerimaan peserta didik baru - Brosur - Data hasil analisis kemampuan peserta didik baru - Hasil psikotes minat bakat peserta didik baru | BUKTI FISIK | ||
| 2.6.2. Memiliki program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik | Dokumen program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik. | Observasi dan studi dokumen: - Program pengembangan diri peserta didik baik akademik maupun non akademik - Laporan pengembangan diri peserta didik (akademik dan non akademik) | BUKTI FISIK | |||
| 2.6.3. Memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan pembiasaan melalui penanaman nilai-nilai | Data program kegiatan akademik dan non akademik melalui penanaman nilai-nilai | Observasi lingkungan aktivitas siswa, wawancara dan studi dokumen: - Program kegiatan akademik dan non akademik dan laporan pelaksanaannya - Laporan kegiatan pembiasaan diri peserta didik - Dokumentasi kegiatan | BUKTI FISIK | |||
| 2.6.4. Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan lainnya secara optimal | Data keterlaksanaan program pengembangan diri bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan | Observasi lingkungan aktivitas siswa dan guru, wawancara dan studi dokumen: - Program kegiatan pengembangan diri - Dokumentasi kegiatan - Data prestasi siswa, guru dan tendik | BUKTI FISIK | |||
| 2.7. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasiona; | 2.7.1. Mampu mengarahkan secara efektif dalam menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang berlaku dalam kegiatan IHT, workshop, Rapat Koordinasi dan | Dokumen hasil pengembangan kurikulum yang disusun melalui rapat kerja , IHT, workshop, Rapat Koordinasi dan Kegiatan MGMP/KKG | Studi dokumen: - dokumen kurikulum yang berlaku - SK tim pengembang kurikulum - Dokumen penyusunan dokumen kurikulum (daftar hadir, berita acara, notulen) | BUKTI FISIK | ||
| 2.7.2. Mampu mengendalikan pelaksanaan kurikulum berlandaskan kalender pendidikan, menerbitkan surat keputusan pembagian tugas mengajar dan menerapkan aturan akademik | Pelaksanaan kurikulum sesuai dengan kalender pendidikan, tingkat madrasah, surat keputusan pembagian tugas mengajar dan aturan akademik | Studi dokumen: - struktur kurikulum - jadwal pelajaran - daftar hadir guru - peraturan akademik - Kalender Pendidikan - SK Pembagian tugas mengajar | BUKTI FISIK | |||
| 2.7.3. Memfasilitasi efektivitas tim kerja guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran | Bukti pelaksanaan kerja sama guru pada tingkat satuan pendidikan, antar satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu perencanaan, proses pembelajaran | Studi dokumen: - Program KKG/MGMP - Laporan pelaksanaan KKG/MGMP - Dokumentasi kegiatan (foto/video) | BUKTI FISIK | |||
| 2.7.4. Mampu mengembangkan pelayanan belajar yang inovatif melalui pengembangan perangkat dan sumber belajar yang terbarukan | Bukti penggunaan metode hasil pelatihan paling akhir, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan alat peraga, teknik evaluasi baru yang menghasilkan produk belajar peserta didik yang | Observasi kelas, studi dokumen, wawancara dengan siswa dan guru: - Menelaah ragam metode media dan sumber belajar yang digunakan dalam RPP | BUKTI FISIK | |||
| 2.7.5. Memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kolaborasi dan kompetisi bidang akademik dan non akademik | Data kegiatan kolaborasi dan kompetisi peserta didik tingkat madrasah, baik akademik dan non akademik | Wawancara dan studi dokumen: - Progam, laporan dan dokumen kegiatan kesiswaan (kegiatan akademik maupun non akademik) - Data prestasi akademik maupun non akademik - Dokumentasi kegiatan (Laporan, foto, video, dll) | BUKTI FISIK | |||
| 2.8. Mengelola keuangan madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien | 2.8.1. Mampu merencanakan kebutuhan keuangan madrasah sesuai dengan rencana pengembangan madrasah, baik jangka pendek maupun jangka panjang | Dokumen RKJM dan RKTM | Studi dokumen: - RKJM dan RKTM - Rencana Anggaran - Laporan keuangan - Buku kas | BUKTI FISIK | ||
| 2.8.2. Mampu mengupayakan sumber- sumber keuangan terutama dari luar madrasah dan dari unit usaha madrasah | Dokumen RKJM dan RKTM | Studi dokumen: - RKJM dan RKTM - Laporan keuangan | BUKTI FISIK | |||
| 2.8.3. Mampu mengkoordinasikan pembelajaran keuangan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan berdasarkan asas prioritas sanefisiensi | Dokumen RKJM dan RKTM | Studi dokumen: - RKJM dan RKTM - Laporan keuangan | BUKTI FISIK | |||
| 2.8.4. Mampu membuat laporan dan evaluasi pengelolaan keuangan madrasah sesuai dengan prinsip efisien, transparan dan akuntabel | Dokumen RKJM dan RKTM | Studi dokumen: - RKJM dan RKTM - Laporan keuangan - Buku kas | BUKTI FISIK | |||
| 2.9. Mengelola ketatausahaan madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan madrasah | 2.9.1. Mampu mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar sesuai dengan pedoman persuratan yang berlaku | Adanya bukti dokumen surat masuk dan keluar | Melalui studi dokumen surat masuk dan keluar | BUKTI FISIK | ||
| 2.9.2. Mampu mengelola administrasi madrasah yang meliputi administrasi akademik, kesiswaan, sarana prasarana, keuangan, dan hubungan madrasah dengan masyarakat | Adanya bukti dokumen administrasi madrasah | Melalui studi dokumen administrasi madrasah (akademik, kesiswaan, sarana prasarana, keuangan, dan hubungan madrasah dengan masyarakat) | BUKTI FISIK | |||
| 2.9.3. Mampu mengelola administrasi kearsipan madrasah baik arsip dinamis maupun arsip lainnya | Adanya bukti dokumen administrasi madrasah | Melalui studi dokumen : - Administrasi Madrasah - Arsip Administrasi - SOP Administrasi Madrasah | BUKTI FISIK | |||
| 2.9.4. Mampu mengelola administrasi akreditasi madrasah sesuai dengan prinsip-prinsip tersedianya dokumen pendukung dan bukti fisik | Adanya bukti dokumen administrasi madrasah | Melalui studi dokumen administrasi pemenuhan SNP madrasah | BUKTI FISIK | |||
| 2.10. Melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan madrasah dengan proseduryang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya | 2.10.1. Menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat diukur dan dinilai | Dokumen SKP yang terukur | Melalui studi dokumen SKP yang terukur | BUKTI FISIK | ||
| 2.10.2. Melakukan monitoring dan evaluasi kerja program pendidikan dengan menggunakan teknik yang sesuai | Dokumen pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai | Melalui studi dokumen pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai | BUKTI FISIK | |||
| 2.10.3. Menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring dan evaluasi | Dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi | Melalui studi dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi | BUKTI FISIK | |||
| 2.10.4. Menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring dan evaluasi | Dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi | Melalui studi dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi | BUKTI FISIK | |||
| 2.10.5. Merumuskan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi program sebelumnya | Dokumen program tindak lanjut berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi | Melalui studi dokumen program tindak lanjut berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi | BUKTI FISIK |