Skip to main content

PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH
TAHUN KE-EMPAT

4.  Supervisi Kepada Guru dan Tenaga Kependidikan

#Unsur Tugas Utama
Indikator KinerjaData yang Diharapkan
Bukti Fisik
Aksi
4.4.1.   Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru4.1.1.  Mengidentifikasi masalah yang guru hadapi dalam pelaksanaan pembelajaranTerdapat rumusan masalah yang Kepala Madrasah peroleh dari pemantauan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran

Melalui studi dokumen:

- Program pengawasan pembelajaran/ supervise pembelajaran

- Jadwal pelaksanaan supervisi

- SK Tim supervisor

BUKTI FISIK


4.1.2.  Mampu merumuskan tujuan yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukurTerdapat rumusan tujuan supervise yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur

Melalui studi dokumen:

- Program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran

- Jadwal pelaksanaan supervise

- Laporan hasil supervisi

BUKTI FISIK


4.1.3.  Mampu mengembangkan instrument supervisiInstrument yang digunakan relevan dengan target indicator pencapaian tujuan madrasah

Melalui studi dokumen:

-    Instrumen supervise pembelajaran

BUKTI FISIK

4.2. Melaksana- kan supervise akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan danteknik supervisi yang tepat4.2.1.  Mengada-kan pertemuan awal untuk menjaring data rencana pembelajaran dan menetapkan focus kegiatan superviseTerdapat data hasil pertemuan awal seperti: masalah, tujuan, focus utama supervise, dan instrument yang disepakati

Melalui wawancara dan studi dokumen:

- program pengawasan pembelajaran/ supervise pembelajaran

- Jadwal Supervisi

- Daftar hadir, Notulen, Foto pertemuan awal Supervisi

BUKTI FISIK


4.2.2.  Melaksana-kan kegiatan pemantauan pembelajaran dan membuat catatan yang objektif dan selektif sebagai bahan pemecahan masalah superviseDokumen hasil observasi pembelajaran, lengkap, obyektif dan selektif serta relevan dengan masalah yang menjadi focus supervise.

Melalui wawancara dan studi dokumen:

-    Instrumen supervise pembelajaran

-    Laporan hasil supervise pembelajaran

-    Catatan rekomendasi hasil Supervisi

-    Rencana tindak lanjut hasil supervisi

BUKTI FISIK


4.2.3.  Melakukan pertemuan refleksi, menganalisis catatan hasil observasi, dan menyimpulkan hasil observasiDokumen catatan pelaksanaan kegiatan, melaksanakan refleksi, himpunan data hasil supervise, analisis data, penafsiran, penilaian keunggulan dan kelemahan, serta rekomendasi perbaikan

Melalui wawancara dan studi dokumen:

-    Analisis hasil supervise pembelajaran

-    Catatan rekomendasi hasil supervisi

-    Daftar hadir, notulen, foto pertemuen refleksi hasil supervise pembelajaran
BUKTI FISIK


4.2.4.  Bersama guru menyusun rekomendasi tindak lanjut perbaikan dalam bentuk kegiatan analisis butir soal, remedial, dan pengayaanData tindak lanjut pelaksanaan supervise penilaian, bukti analisis butir soal, kegiatan remedial dan pengayaan

Melalui wawancara dan studi dokumen:

-    Dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervise pembelajaran

-    Program kegiatan workshop/diklat penilaian untuk guru

-    Hasil analisis butir soal

-    Program remidial dan pengayaan

BUKTI FISIK

4.3.  Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervise akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru4.3.1. Memfasilitasi guru dalam merencanakan tindak lanjut perbaikan system penilaian hasil belajarTerdapat bukti tindak lanjut perbaikan system penilaian hasil belajar

Melalui wawancara dan studi dokumen:

- Dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervise pembelajaran

- Hasil kegiatan workshop/diklat untuk guru

- Data dan piagam hasil pelatihan guru

BUKTI FISIK


4.3.2.  Mengecek ulang keterlaksanaan rekomendasi oleh guruDokumen rekomendasi perbaikan system penilaian hasil belajar secara berkala

Melalui wawancara dan studi dokumen:

-    Rekomendasi hasil perbaikan system penilaian hasil belajar
BUKTI FISIK


4.3.3. Melaksana kan pembinaan dan pengembangan guru sebagai tindak lanjut kegiatan supervisiTerdapat bukti, berupa laporan tindak lanjut hasil supervise sebagai dasar pelaksanaan pembinaan guru

-    Laporan tindak lanjut supervise

-    Program PKB guru

-    Laporan kegiatan pembinaan guru

-    Daftar hadir, notulen, foto kegiatan PKB guru

BUKTI FISIK


4.3.4.Menggunakan data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian program sebagai dasar perbaikan siklus berikutnya Hasil supervisi keterlaksanaan dan ketercapaian program sebagai bahan penilaian kinerja dan pemetaan profil madrasah sebagai dasat perencanaan siklus berikutnya

Melalui wawancara dan studi dokumen:

-    Program PKB Guru

-    Laporan Kegiatan pembinaan guru

-    Daftar hadir, notulen, foto kegiatan PKB Guru

BUKTI FISIK