4. Supervisi Kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
| # | Unsur Tugas Utama | Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik | Aksi |
|---|---|---|---|---|---|
| 4. | 4.1. Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru | 4.1.1. Mengidentifikasi masalah yang guru hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran | Terdapat rumusan masalah yang Kepala Madrasah peroleh dari pemantauan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran | Melalui studi dokumen: - Program pengawasan pembelajaran/ supervise pembelajaran - Jadwal pelaksanaan supervisi - SK Tim supervisor | BUKTI FISIK |
| 4.1.2. Mampu merumuskan tujuan yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur | Terdapat rumusan tujuan supervise yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur | Melalui studi dokumen: - Program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran - Jadwal pelaksanaan supervise - Laporan hasil supervisi | BUKTI FISIK | ||
| 4.1.3. Mampu mengembangkan instrument supervisi | Instrument yang digunakan relevan dengan target indicator pencapaian tujuan madrasah | Melalui studi dokumen: - Instrumen supervise pembelajaran | BUKTI FISIK | ||
| 4.2. Melaksana- kan supervise akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan danteknik supervisi yang tepat | 4.2.1. Mengada-kan pertemuan awal untuk menjaring data rencana pembelajaran dan menetapkan focus kegiatan supervise | Terdapat data hasil pertemuan awal seperti: masalah, tujuan, focus utama supervise, dan instrument yang disepakati | Melalui wawancara dan studi dokumen: - program pengawasan pembelajaran/ supervise pembelajaran - Jadwal Supervisi - Daftar hadir, Notulen, Foto pertemuan awal Supervisi | BUKTI FISIK | |
| 4.2.2. Melaksana-kan kegiatan pemantauan pembelajaran dan membuat catatan yang objektif dan selektif sebagai bahan pemecahan masalah supervise | Dokumen hasil observasi pembelajaran, lengkap, obyektif dan selektif serta relevan dengan masalah yang menjadi focus supervise. | Melalui wawancara dan studi dokumen: - Instrumen supervise pembelajaran - Laporan hasil supervise pembelajaran - Catatan rekomendasi hasil Supervisi - Rencana tindak lanjut hasil supervisi | BUKTI FISIK | ||
| 4.2.3. Melakukan pertemuan refleksi, menganalisis catatan hasil observasi, dan menyimpulkan hasil observasi | Dokumen catatan pelaksanaan kegiatan, melaksanakan refleksi, himpunan data hasil supervise, analisis data, penafsiran, penilaian keunggulan dan kelemahan, serta rekomendasi perbaikan | Melalui wawancara dan studi dokumen: - Analisis hasil supervise pembelajaran - Catatan rekomendasi hasil supervisi - Daftar hadir, notulen, foto pertemuen refleksi hasil supervise pembelajaran | BUKTI FISIK | ||
| 4.2.4. Bersama guru menyusun rekomendasi tindak lanjut perbaikan dalam bentuk kegiatan analisis butir soal, remedial, dan pengayaan | Data tindak lanjut pelaksanaan supervise penilaian, bukti analisis butir soal, kegiatan remedial dan pengayaan | Melalui wawancara dan studi dokumen: - Dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervise pembelajaran - Program kegiatan workshop/diklat penilaian untuk guru - Hasil analisis butir soal - Program remidial dan pengayaan | BUKTI FISIK | ||
| 4.3. Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervise akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru | 4.3.1. Memfasilitasi guru dalam merencanakan tindak lanjut perbaikan system penilaian hasil belajar | Terdapat bukti tindak lanjut perbaikan system penilaian hasil belajar | Melalui wawancara dan studi dokumen: - Dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervise pembelajaran - Hasil kegiatan workshop/diklat untuk guru - Data dan piagam hasil pelatihan guru | BUKTI FISIK | |
| 4.3.2. Mengecek ulang keterlaksanaan rekomendasi oleh guru | Dokumen rekomendasi perbaikan system penilaian hasil belajar secara berkala | Melalui wawancara dan studi dokumen: - Rekomendasi hasil perbaikan system penilaian hasil belajar | BUKTI FISIK | ||
| 4.3.3. Melaksana kan pembinaan dan pengembangan guru sebagai tindak lanjut kegiatan supervisi | Terdapat bukti, berupa laporan tindak lanjut hasil supervise sebagai dasar pelaksanaan pembinaan guru | - Laporan tindak lanjut supervise - Program PKB guru - Laporan kegiatan pembinaan guru - Daftar hadir, notulen, foto kegiatan PKB guru | BUKTI FISIK | ||
| 4.3.4.Menggunakan data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian program sebagai dasar perbaikan siklus berikutnya | Hasil supervisi keterlaksanaan dan ketercapaian program sebagai bahan penilaian kinerja dan pemetaan profil madrasah sebagai dasat perencanaan siklus berikutnya | Melalui wawancara dan studi dokumen: - Program PKB Guru - Laporan Kegiatan pembinaan guru - Daftar hadir, notulen, foto kegiatan PKB Guru | BUKTI FISIK |