1. Usaha Pengembangan Madrasah
| # | Unsur Tugas Utama | Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik | Aksi |
|---|---|---|---|---|---|
| 1 | 1.1. Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan | 1.1.1. Mampu mengembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan program | Dokumen struktur madrasah | Melalui observasi dan studi dokumen: - Bagan / struktur organisasi - Notulen rapat yang berisi keputusan tentang penyusunan struktur organisasi - Dokumen sosialisasi - Daftar Hadir | BUKTI FISIK |
| 1.1.2. Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhan | Dokumen uraian tugas personalia di madrasah | Melalui studi dokumen: - Dokumen penetapan/ pengesahan susunan organisasi madrasah - Rincian tugas setiap personil pada struktur organisasi madrasah - SOP personalia - sertifikat | BUKTI FISIK | ||
| 1.1.3. Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah | Pedoman Dan Prosedur Kerja Organisasi Madrasah | Melalui observasi dokumen SOP madrasah atau Pedoman system Informasi Madrasah | BUKTI FISIK | ||
| 1.2. Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif | 1.2.1. Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target yang lebih tinggi. | Program pengembangan madrasah mengandung target pencapaian padaa indicator keunggulan khas satuan pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat dari pada pencapaian sebelumnya | Melalui studi dokumen : - Visi dan misi madrasah - Data prestasi madrasah - Data hasil UN 3 tahun terakhir - Data alumni - RKJM | BUKTI FISIK | |
| 1.2.2. Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul | Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugas | Melalui observasi dan studi dokumen: - Bagan / struktur organisasi - SK - Tugas dan fungsi - Pedoman monitoring dan evaluasi kerja - Pedoman reward dan punishment | BUKTI FISIK | ||
| 1.2.3. Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaran | Terdapat penerapan strategi pembaharuan dengan strategi yang terprogram | Melalui studi dokumen: - Kurikulum - Kalender pendidikan - Perangkat pembelajaran - Penilaian - Peraturan akademik - Notulen diskusi evaluasi rutin pembelajaran | BUKTI FISIK | ||
| 1.2.4. Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi madrasah | Dokumen bukti perkembangan potensi dan prestasi peserta didik yang meningkat dari waktu ke waktu | Melalui studi dokumen: - Data prestasi madrasah 1 tahun terakhir - Data hasil UN 1 tahun terakhir - Dokumen akreditasi - Program ekstrakurikuler - Program unggulan madrasah | BUKTI FISIK | ||
| 1.3. Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan | 1.3.1. Merencana-kan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat | Data kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat | Melalui studi dokumen: - SK Komite madrasah - AD/ART komite madrasah - Program kerja komite madrasah - Laporan kegiatan komite madrasah - Dokumen tertulis kerja sama (MOU) - Foto-foto - Sertifikat/plakat kerja sama - Laporan kegiatan | BUKTI FISIK | |
| 1.3.2. Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat | Dokumen program kerjasama dengan pemerintah, swasta dan masyarakat | Melalui studi dokumen: - Program kegiatan kerja sama - Foto kegiatan - Jadwal kegiatan - Laporan kegiatan | BUKTI FISIK | ||
| 1.3.3. Memanfaatkan dan memelihara hubungan pemerintah, swasta dan masyarakat | Data hasil kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat | Melalui studi dokumen: - Laporan kegiatan kerjasama - Laporan monitoring/evaluasi kegiatan - Dokumentasi foto/video pelaksanaan kerja sama | BUKTI FISIK | ||
| 1.4. Mengelola proses pencapaian SNP sesuai dengan arah dan tujuan Pendidikan Nasional | 1.4.1. Mengaplikasi-kan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi | Dokumen analisis SNP dalam hal standar isi | Melalui studi dokumen: - Kurikulum - Kalender pendidikan - Perangkat pembelajaran - Pedoman Penilaian - Peraturan akademik - Buku Kerja Guru - Dokumen rapat penyusunan kurikulum (daftar hadir, daftar peserta, foto) | BUKTI FISIK | |
| 1.4.2. Mengaplikasi-kan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses | Dokumen analisis SNP dalam hal standar proses | Melalui studi dokumen: - Dokumen pengembangan silabus - RPP - Struktur kurikulum - Pembagian jam mengajar - Jadwal mengajar - RPE - Buku teks - Jurnal mengajar guru - Data siswa perkelas - Dokumen supervise (laporan pemantauan pembelajaran, laporan supervisi laporan evaluasi pembelajaran dan rencana tindak lanjut) | BUKTI FISIK | ||
| 1.4.3. Mengaplikasi-kan system penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian | Dokumen analisis SNP dalam hal standar penilaian | Melalui studi dokumen: - Instrument penilaian - Kisi-kisi soal - Kumpulan naskah soal - Analisis butir soal - Dokumen analisis hasil belajar siswa - Laporan hasil belajar siswa - Tindak lanjut hasil penilaian - Dokumen pelaksanaan PAS - Dokumen pelaksanaan PAT | BUKTI FISIK | ||
| 1.4.4. Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan | Dokumen analisis SNP dalam hal standar kompetensi lulusan | Melalui studi dokumen: - Dokumen program kegiatan kesiswaan - Laporan kegiatan kesiswaan - Dokumentasi kegiatan kesiswaan - Laporan kegiatan pembiasaan siswa - Dokumen kegiatan literasi - Data rata-rat hasil ujian 2 tahun terakhir - Data prestasi akademik 2 tahun terakhir - Data prestasi non akademik 2 tahun terakhir | BUKTI FISIK | ||
| 1.5. Mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah | 1.5.1. Mampu mengelola laboratorium madrasah agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran peserta didik | Adanya bukti pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran, jadwal kegiatan dll | Observasi dan studi dokumen: - Luas sesuai standar - Sarana pendukung laboratorium - Jurnal dan laporan pengelolaan laboratorium - Program kerja lab | BUKTI FISIK | |
| 1.5.2. Mampu mengelola perpustakaan madrasah dalam menyiapkan sumber belajar yang diperlukan peserta didik | Adanya bukti pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran, jadwal kegiatan dll | Observasi dan studi dokumen: - Luas sesuai standar - Sarana pendukung - Daftar buku induk perpustakaan - Laporan pengelolaan perpustakaan - Program kerja perpustakaan | BUKTI FISIK | ||
| 1.5.3. Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembelajaran peserta didik dan pemasukan tambahan dana bagi madrasah | Adanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam pembelajaran | Melalui studi dokumen: - Data/laporan kegiatan usaha madrasah - Dokumentasi kegiatan (foto/video) | BUKTI FISIK | ||
| 1.5.4. Mampu mengelola koperasi madrasah baik sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik | Adanya bukti pemanfaatan koperasi dalam pembelajaran, jadwal kegiatan dll | Observasi dan studi dokumen: - Instrument hasil praktek pembelajaran - Foto kegiatan praktek - AD ART Koperasi - Laporan RAT | BUKTI FISIK | ||
| 1.6. Mengelola system informasi madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan | 1.6.1. Memanfaat-kan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajeman madrasah | Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajeman madrasah | Observasi, studi dokumen dan wawancara: - Fasilitas teknologi dan informasi - Sumber daya informasi - Website madrasah - Pedoman system informasi madrasah | BUKTI FISIK | |
| 1.6.2. Memanfaat-kan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat/media pembelajaran | Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber dan media pembelajaran | Observasi, lingkungan madrasah dan wawancara: - Ketersediaan computer - Jaringan internet - Website madrasah - Alamat email madrasah - Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran | BUKTI FISIK | ||
| 1.6.3. Memanfaat-kan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain | Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain | Observasi, lingkungan madrasah, wawancara dan studi dokumen: - Pengelolaan SIM - Fasilitas SIM - Surat tugas pengelola SIM - Pelaporan data dan informasi - Program Kerja Sama - MOU | BUKTI FISIK | ||
| 1.6.4. Memanfaat-kan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang telah dicapai | Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang telah dicapai | Observasi, lingkungan madrasah, wawancara dan studi dokumen: - Pengelolaan SIM - Fasilitas SIM - Surat tugas pengelola SIM - Pelaporan data dan informasi - Program Promosi | BUKTI FISIK | ||
| 1.7. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah | 1.7.1. Mampu mengembangkan system administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi | Terdapat penerapan TIK (berbasis computer, CD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan dan keuangan | Observasi, lingkungan madrasah, dan wawancara: - Jumlah computer dan LCD yang cukup - Memiliki jaringan internet - Memiliki web sekolah - Memiliki e-mail madrasah - Laporan absensi elektronik - Dokumen lain pemanfaatan TIK untuk administrasi madrasah | BUKTI FISIK | |
| 1.7.2. Mengelola administrasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi | Model penerapan TIK dalam pengelolaan administrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya pengelolaan kurikulum berbasis computer, intranet dan internet | Observasi, lingkungan madrasah, dan wawancara: - Jumlah computer dan LCD yang cukup - Memaliki jaringan internet - Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran (Edmodo, Google classroom, dll) - Pengelolaan penilaian secara online | BUKTI FISIK | ||
| 1.7.3. Mampu mengembangkan system pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi | Model pemanfaatan TIK dalam system pengelolaan perpustakaan berbasis computer, intranet dan internet | Observasi dan studi dokumen: - Katalog digital - BSE - Akses internet - Computer - Dokumen aplikasi layanan perpustakaan | BUKTI FISIK |