Visi, Misi dan Tujuan
MIN 1 Kota Palangka Raya merupakan lembaga pendidikan yang berciri khas agama Islam yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dalam rangka menyukseskan pendidikan dasar 9 tahun. Sebagai lembaga pendidikan Dasar yang berciri khas agama islam, MIN 1 Kota Palangka Raya tidak hanya mengajarkan pendidikan Agama, tetapi juga pelajaran Umum yang bobotnya juga sama dengan sekolah umum yang berada di bawah binaan Departemen Pendidikan Nasional.
MIN 1 Kota Palangka Raya sebagai unit penyelenggara pendidikan tidak dapat dipisahkan dari cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 yaitu : mewujudkan sumber daya insani yang potensial bagi pembangunan bangsa yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT (Tuhan Yang Maha Esa), berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan, keterampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab kepada masyarakat dan bangsa.
Selain itu sebagai unit lembaga pendidikan MIN 1 Kota juga memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut : (1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, (3) era informasi, (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, (6) dan era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh Madrasah kami, sehingga visi Madrasah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tersebut tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil madrasah yang diinginkan di masa datang. Namun demikian, visi madrasah harus tetap dalam acuan kebijakan pendidikan nasional.
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait bermusyawarah, sehingga visi madrasah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya. Dengan mempertimbangkan kondisi dan analisis internal dan eksternal MIN 1 Kota Palangka Raya, maka seluruh warga MIN 1 Kota Palangka Raya telah sepakat merumuskan Visi, Misi dan Tujuan sekolah sebagai berikut :
VISI MIN 1 KOTA PALANGKA RAYA
“Terwujudnya Siswa yang Sehat, Cerdas, Unggul dalam Prestasi, Menguasai IPTEK, Berbudaya, Peduli Lingkungan, Berlandaskan Iman dan Takwa”
MIN 1 Kota memilih visi ini untuk tujuan jangka panjang, menengah dan pendek. Visi ini menjiwai warga madrasah kami untuk selalu memwujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah. Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita sekolah yang :
- Beroreintasi kedepan
- Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
- Ingin mencapai keunggulan
- Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga madrasah
- Mendorong adanya perubahan yang lebih baik
- Mengarahkan langkah-langkah strategis (Misi sekolah)
- Seirama dengan tujuan dan harapan masyarakat
- Berkualitas dan berprestasi
- Selalu semangat dan komitmen seluruh perangkat madrasah
- Memperhatikan perubahan / perkembangan ke depan yang lebih baik
- Pro aktif dan inovatif menentukan langkah-langkah strategis (misi) madrasah.
Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.
MISI MIN 1 KOTA PALANGKA RAYA
- Melaksanakan pembelajaran PAIKEM dan bimbingan yang terarah, terprogram, terpadu secara efektif dan efisien.
- Melaksanakan peningkatan SDM, kinerja dan profesionalisme guru/pegawai melalui diklat dan sejenis.
- Meningkatkan dan memberdayakan sarana dan prasarana Madrasah dalam peningkatkan mutu pendidikan.
- Meningkatkan semangat silaturahmi dan partisifasi aktif masyarakat (Komite Madrasah/Komponen stekholders) dalam pengembangan madrasah.
- Mengoptimalkan kegiatan ekstrakulikuler yang sesuai dengan bakat dan minat peserta didik.
- Menciptakan dan memelihara lingkungan Madrasah yang religius, sehat kondusif, dan harmonis serta berwawasan lingkungan.
- Menumbuh kembangkan penghayatan terhadap ajaran agama dan semangat religius sehingga terwujud peserta didik cerdas, cendikia, berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari
Tiga pilar inti dari Tujuh misi di atas yakni ”Disiplin, Prestasi dan Pelayanan”
Disiplin menduduki pilar pertama. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa tidak ada suatu keberhasilan tanpa dimulai dari disiplin. Disiplin yang kami maksudkan tentu sesuai aturan bidang kerja masing-masing, dengan prinsip saling menghormati dan saling percaya dan tetap menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerjasama, dan menjalin silaturahmi. Penjabaran misi di atas meliputi :
- Menyiapkan generasi unggul yang memiliki potensi dibidang IMTAQ dan IPTEK.
- Membentuk sumber daya Insani yang aktif, kreatif, inovatif sesuai dengan perkembangan zaman
- Membangun citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat.
- Menjalin kerjasama dengan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan
- Meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru
- Melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (Pakem)
- Menumbuh kembangkan penghayatan terhadap ajaran agama dan semangat
- religius pada warga madrasah sehingga terbangun insan yang cerdas, cendikia,
- berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia.
- Mengaktifkan pembelajaran dan pengembangan diri
- Pelaksanaan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
- Menumbuhkan semangat / motivasi secara intensif kepada seluruh komponen madrasah.
- Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara baik dan optimal.
- Menumbuhkan dan mendorong keunggulan dalam penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
- Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama Islam dan budaya bangsa sehingga terbangun siswa yang kompeten dan berakhlakul Karimah.
- Pencapaian lulusan yang berkualitas, berprestasi, berkepribadian muslim, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
- Menumbuhkan rasa sosial dan pelayanan kepada masyarakat.
TUJUAN MIN 1 KOTA PALANGKA RAYA
Tujuan MIN 1 Kota merupakan penjabaran dari visi dan misi madrasah agar komunikatif dan bisa diukur sebagai berikut :
- Terlaksananya pembelajaran PAIKEM dan bimbingan yang terarah, terprogram dan terpadu, secara efektif dan efisien.
- Meningkatkan SDM, kinerja dan profesionalisme guru/pegawai dilingkungan madrasah.
- Tersedianya sarana dan prasarana Madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan.
- Terwujudnya semangat silaturahmi dan partisifasi aktih masyarakat (Komite Madrasah/Komponen stekholders)
- Terlaksananya kegiatan ekstrakulikuler secara optimel yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki peserta didik.
- Terwujudnya lingkungan madrasah yang religius, sehat, kondusif dan harmonis serta berwawasan lingkungan.
- Tumbuhnya kesadaran dan penghayatan terhadap ajaran agama dan semangat religius pada warga madrasah sehingga terbangun peserta didik yang cerdas, cendikia, berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.
Selanjutnya, atas keputusan bersama warga Madrasah, tujuan tersebut di atas lebih kami rinci sebagai profil MIN 1 Kota Palangka Raya sebagai standar norma sebagai berikut :
- Mampu menampilkan kebiasaan sopan santun dan berbudi pekerti yang baik sebagai cerminan dari tuntunan ajaran Islam.
- Mampu secara bertahap berbahasa Inggris dan Arab Dasar secara aktif.
- Mampu mengaktualisasikan diri dalam berbagai seni dan olah raga, sesuai dengan pilihannya.
- Mampu mendalami cabang pengetahuan yang dipilih.
- Mampu mengoperasikan komputer aktif untuk program microsoft word, excel dan internet.
- Mampu melanjutkan ke MTs dan SLTP terbaik sesuai pilihannya melalui pencapaian target pilihan yang ditentukannya sendiri.
- Mampu bersaing dalam mengikuti berbagai kompetisi akademik dan non akademik di tingkat kota, propinsi, regional dan nasional.
Mampu memiliki kecakapan hidup personal maupun sosial sesuai dengan kandungan kecakapan hidup pada muatan lokal dan seni budaya.